Just another WordPress.com site

brownie panggang

Bahan :
4 telur
450gr gula
225gr minyak goreng
60gr coklat bubuk
210gr tepung
1/2sdt garam
1 sdt vanili
kacang2an
cara :
kocok telur dan gula hingga kental dan tercampur rata, masukan garam kocok lagi. matikan mikser. masukan ayakan tepung, vanili, dan coklat bubuk.
aduk rata. jangan terlalu lama. masukan minyak goreng, kemudian kacang2 sesuai selera. kalo suka atasnya bisa ditaburi kacang juga. Kemudian panggang dengan api sedang.
Catatan:
brownies ini manis karena gulanya yg banyak, untuk mengimbangi coklat bubuk yang banyak juga kayaknya. Aku pernah pakai van houten terasa sekali coklatnya dan cenderung pahit coklat. tapi tetep enak.. ^_^.
trus pada saat manggang kalo atasnya udah kelihatan retak dan kering sudahi saja, nanti dalamnya akan kering sendiri dan cenderung lembut.
Aku pernah kelamaan manggangnya, jadinya luarnya garing dan dalamnya juga kering. aku sih enggak terlalu suka, tapi saudaraku bilang enak karena garing banget. Jadi semua kembali ke selera, hanya kalo kita berpegang pada brownies yg asli adalah luarnya retak dan garing, dalamnya lembut dan pekat. gitu deh …
oh ya jangan lupa dialasi kertas roti ya.. untuk antisipasi kalo lengket ke loyang …
Untuk kacangnya biasanya aku sangrai ato goreng dulu jadi lebih matang.

Bahan :

Pisang raja dihaluskan 250 gram
Tepung ketan 200 gr
Santan kental 2 sdm
Air kapur sirih 1 sdm
Garam1/4 sdt

Isi :

Telur ayam 2 butir
Santan kental 50 ml
Gula pasir 100 GR
Nangka masak cincang kecil 25 gr
Tepung terigu ½ sdt
Daun pandan 1 lembar
Kelapa muda parut halus 50 gr
Vanilli ¼ sdt.

Cara membuatnya :

1. Campurkan semua bahan dasar dengan cara aduk tepung ketan dan pisang yang sudah dihaluskanserta masukkan santan,air kapur dan garam hingga tercampur rata,adonan ini digunakan untuk kulit.

2. Kocok telur dan gula hingga kental dengar mixer atau sejenisnya (sebelum ada mixer dulu ibu-ibu di Aceh ngeremas pake tangan) lalu masukkan tepung terigu dan santan kental, aduk hingga rata,tambahkan nangka masak yang sudah dicincang kecil-kecil dan kelapa muda parut halus lalu beri daun pandan, masak sampai kental,kemudian angkat beri vanilli lalu aduk rata lagi. Setelah matang dinginkan dan gunakan sebagai iosi timphan

3.Ambil daun pisang muda yang telah dipotong –potong sesuai untuk satu ukuran timphan olesi dengan minyak lalu tipiskan adonan kulit tadi diatas daun kemudian beri adonan isi terus digulung, dibungkus seperti gambar di atas, kukus hingga matang selama lebih kurang 10 menit.

Sumber Original dari RESEP CIK TU CHATIJAH (Kampung Mulia, Banda Aceh)

Bahan :
250 gr ubi merah, haluskan
100 gr gula pasir
100 gr gula merah, iris halus
5 butir telur
150 gr tepung terigu
100 gr margarin, cairkan
1/2 sdt garam
250 ml susu cair

Cara Membuat :
1. Campur ubi, gula merah, garam dan susu cair. Aduk rata, sisihkan. Panaskan dandang hingga mendidih dan beruap.
2. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga berwarna putih pucat. Matikan mikser.
3. Masukkan sebagian tepung terigu, sebagian campuran ubi, dan margarin, aduk rata dengan spatula secara satu arah. Masukkan sisa tepung, ubi dan margarin. Aduk hingga semua tercampur rata.
4. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak. Kukus di dalam dandang selama lebih kurang 30 menit.

Resep asli by eka felira

Bahan :
150 gr margarin/ mentega
100 gr gula halus
4 butir telur
125 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
70 gr (2 sachet) milo, larutkan dengan 50 ml air hangat

Cara Membuat :
1. Campur terigu, garam dan baking powder. Sisihkan.
2. Kocok margarin dan gula hingga lembut dan berubah warna. Masukkan telur satu persatu, kocok hingga adonan mengembang.
3. Kecilkan speed mikser hingga yang terendah, masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan milo yang sudah dicairkan. Aduk hingga rata. Tuang adonan ke dalam loyang cupcake. Oven hingga matang.

Berhubung saya menggunakan oven tangkring alias oven traditional jadi saya tidak bisa memastikan berapa suhu oven. Yang pasti saya menggunakan api sedang ketika memanggang cupcake ini.

Resep asli by eka felira

KUE SAKURA

02/11/2010 — Asri

i
Rate This

Quantcast

//

Bahan:
300 gr gula pasir
300 gr tepung terigu
1 sdt backing powder
1 sdt soda kue
1 sachet vanili
60 ml susu kental manis coklat
60 gr margarin dicairkan
500 ml air panasCara Membuat:
Lelehkan gula pair di wajan lalu tuangkan air panas, aduk hingga larut, lalu dinginkan.
Campur tepung terigu, backing powder, soda kue, vanili, aduk sisihkan.
Masukan margarin cair dan susu kental manis ke dalam larutan karamel dan aduk rata.
Masukan tepung terigu kelarutan karamel, aduk rata, sampai tidak menggumpal.
Olesi cetakan sakura dengan margarin, isi dengan adonan ¾ cetakan.
Panaskan dandang lalu kukus kue selama +- 15 menit, angkat lalu biarkan selama lima menit, baru dikeluarkan dari cetakan. Siap untuk disajikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RESEP KUE CUBIT :

    • 100 gram tepung terigu
    • 100 gram gula pasir
    • 100 gram mentega cair
    • 3 butir telur ayam (suhu ruang)
    • 1/4 sendok teh soda kue
    • 1/2 sendok teh baking powder
    • 1 bungkus vanili bubuk
      Taburan :
  • meises warna-warni secukupnya
  • keju parut secukupnya

Sekarang ke dapur yukz :

  1. Siapkan cetakan kue cubit, olesi dengan mentega sedikit saja di setiap lubangnya. Sisihkan.
  2. Siapkan mixer, masukkan telur, gula pasir, lalu kocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental.
  3. Pindahkan kecepatannya menjadi yang paling kecil.
  4. Lalu masukkan tepung terigu sesendok demi sesendok hingga habis.
  5. Tambahkan mentega cair.
  6. Beri soda kue, baking powder dan vanili bubuk, aduk hingga adonan menjadi rata.
  7. Kemudian masukkan adonan kue cubit ini ke dalam gelas yang ada “mulut”-nya.
  8. Panaskan cetakan kue cubit yang sudah diolesi mentega tadi.
  9. Tuangkan adonan kue cubit ke dalam cetakan, cukup setengahnya saja, karena kue cubit ini akan mengembang saat dipanggang.
  10. Taburi atasnya dengan keju parut, meises atau campuran keduanya.
  11. Lalu tutup dan panggang hingga bagian bawah kue cubit sedikit cokelat.

Tips :
– Menurut tukang jualannya, rahasia bikin kue cubit ini adalah perbandingan antara tepung terigu, gula pasir dan mentega adalah 1:1:1.
– Aslinya taburan untuk kue cubit ini adalah meises.
– Olesan mentega saat akan memanggang kue cubit sebaiknya sedikit saja, karena untuk menghindari agar tidak gosong.
– Setiap akan memanggang kembali, sebaiknya adonan diaduk-aduk dulu biar tidak mengendap di bawah.
– Untuk melihat bagaimana bentuk cetakan kue cubit, dapat dilihat di Cetakan Kue.
– Untuk topping, bisa juga digunakan potongan kecil-kecil buah nangka atau lainnya.
– Api yang digunakan untuk memanggangnya harus benar-benar kecil.

Resep Cokelat: Chocolate Molded
Foto: detikfood Jakarta – Cara paling mudah dan praktis adalah membuat cokelat dengan cetakan. Tetapi yang satu ini memakai beragam isian yang rasanya beragam dan tentu saja makin legit menggigit enak!

Bahan:
Dark/milk/white Chocolate
Mango ganache:
250 g mango puree
500 g white chocolate
50 g glukosa
Raspberry Ganache:
250 g Raspberry Puree
500 g milk chocolate
50 g glukosa
Hazelnut Ganache:
500 g dark chocolate
500 g hazelnut paste
300 g fresh cream

Cara membuat:

  • Untuk Rasa Ganache (Rasa Mangga, Raspberry dan Hazelnut):
  • Potong cokelat dan letakkan di dalam mixing bowl.
  • Panaskan ekstrak buah dan glukosa, lalu tuangkan ke dalam cokelat yang sudah dipotong, aduk rata hingga menjadi halus, dinginkan.
  • Panaskan coklat pada suhu 26C – 30 C, oleskan ke dalam mangkuk atau cetakan cokelat dari akrilik dengan bentuk sesuai selera, simpan dalam ruangan dingin.
  • Tuangkan Mango Ganache / Raspberry Ganache / Hazelnut Ganache ke dalam lubang cetakan.
  • Lapisi dengan cokelat leleh yang sudah diatur temperaturnya, dinginkan selama 10 menit dan siap dilepas dari cetakan.

Tips:

  • Mixing bowl harus bersih sama sekali dari sisa-sisa cokelat yang suidah diatur temperaturnya
  • Air yang digunakan untuk untuk mengatur temperaturnya pada suhu 45 C
  • Ruangan untuk penyimpanan coklat pada suhu 20 – 22C
  • Chocolate Praline jangan pernah disentuh dengan jari pada permukaannya

Awan Tag